Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Digital pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Community Development
Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Digital pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Community Development
Keywords:
program pengembangan masyarakat, UMKM, transformasi digital, media sosial, strategi penjualan, pendaftaran usaha, Google BisnisAbstract
Pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan masyarakat, mendorong UMKM di Kelurahan Pasir Gunung Selatan,Depok, beralih dari tradisional ke digital. Program pengembangan memberi wawasan tentang manfaat media sosial dan strategi pemasaran online. UMKM dapat bertahan dengan mengalihkan penjualan offline ke online, memperluas jangkauan dengan teknologi digital seperti social media dan e-commerce. Meski terdapat hambatan pengetahuan digital, UMKM dapat mengatasi dan beradaptasi melalui digitalisasi produk. Pemasaran digital menawarkan efektivitas biaya dan akses pasar yang luas melalui internet. Penggunaan internet mengubah konsep pemasaran dengan pendekatan 4C: customer, cost, convenience, dan communication, yang menekankan kenyamanan konsumen dan hubungan dua arah yang baik dengan pelanggan. Pandemi mengubah UMKM, namun dengan program ini, mereka dapat mengatasi tantangan dan meraih peluang di era digital. Program pengabdian masyarakat ini memilih target pelaku UMKM di Kelurahan Pasir Gunung Selatan kota Depok. Melalui program pengembangan masyarakat ini, tercapai sejumlah hasil positif yang berdampak signifikan. Peserta program memperoleh pemahaman tentang manfaat media sosial yang berharga, mengkomunikasikan informasi ini melalui pendekatan interaktif. Mereka juga diajarkan strategi efektif untuk memasarkan usaha melalui media sosial, termasuk penentuan waktu optimal untuk posting suatu konten. Selain itu, peserta diberikan bimbingan dalam mendaftarkan usaha di layanan Google, bahkan membuat akun Google Bisnis melalui praktik langsung