Copywriting yang Kreatif dan Efektif untuk Meningkatkan Pangsa Pasar melalui media Sosial Instagram

Authors

  • Desiyana STIE MBI
  • Loja Lestari Putri
  • Vina Melinda
  • Winda Amelia
  • Alya Fitiani
  • Harnum Ratnasari
  • Dedi Apriyanto
  • Rizki Putri Utami

Keywords:

instagram, Pemasaran Digital, AIDA

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dalam perekonomian, namun untuk mencapai keberlanjutan dan pertumbuhan, mereka memerlukan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu alat utama yang dapat diandalkan UMKM dalam era digital ini adalah media sosial, terutama Instagram. Di tengah dominasi visual, keterampilan copywriting menjadi komponen penting dalam menyusun pesan yang persuasif dan efektif. Copywriting merupakan seni menulis teks iklan yang mampu menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, serta mendorong calon konsumen untuk melakukan tindakan pembelian. Penggunaan model AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) dalam copywriting di Instagram memungkinkan UMKM untuk menarik perhatian calon konsumen, membangun minat yang kuat, dan mengarahkan mereka pada tindakan pembelian. Dengan demikian, copywriting menjadi alat strategis yang tidak hanya mendukung peningkatan penjualan, tetapi juga memperkuat posisi UMKM di pasar digital. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa STIE MBI yang dihadiri para pelaku UMKM dengan menggunakan metode penyuluhan yang dilakukan dengan penyampaian materi, berdiskusi, sesi tanya jawab, dan games. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan copywriting menggunakan konsep AIDA dalam memasarkan produk menggunakan media sosial sangat penting dilakukan untuk pelaku usaha. Tujuannya agar para pelaku UMKM dapat secara efektif menarik perhatian audiens, membangun minat, menumbuhkan keinginan, dan mendorong tindakan, sehingga meningkatkan penjualan dan interaksi di media sosial.

Downloads

Published

2024-12-11